Wednesday, March 17, 2010

Tempe Bakar + Gulai Ikan Tenggiri Bumbu Bakar

















Gue lagi di ruangan training, lagi istirahat ngajar. Tapi tiba-tiba keinget sama masakan gue kemarin sore. Gue nyoba bikin tempe bakar, tapi secara penampilan lagi-lagi kurang berhasil. Rasanya sih enak, cuma tampang tempenya dekil banget kaya orang kecemplung got. Makanya, hari ini gue mau beli tempe lagi, dan coba bikin tempe bakar lagi, tapi pake cara yang beda supaya hasilnya lebih bagus.

Kemaren, gue beli tempe segitiga 6 biji, sama bumbu ikan bakar untuk 1/2 kilo. Sampe rumah, tempe langsung gue olesin bumbu. Terus gue panggang tempe dikompor, pake panggangan ikan yang baru gue beli kemaren. Tapi ternyata api memakan bumbu-bumbu jadi item. Akhirnya gue gak terusin manggang (cuma 15 menit). Setelah itu, gue panasin minyak sedikit di atas wajan teflon. Terus tempe yang tadi dipanggang sekarang di grill pake wajan teflon itu. Selama 15 menit juga, sambil dibolak-balik. Hasilnya? Tuh, liat gambarnya! Jadi kaya tempe afrika!

Tapi gapapa, lah. Ternyata tempenya garing banget, dan rasanya tetap enak. Plus, karena garing, jadi gak takut resiko gemuk. Soalnya selain tempe, gue juga bikin Ikan Tenggiri pake bumbu yang sama, cuma gue bikin a la gulai gitu. Biasalah, pake bawang putih, bawang merah, cabe merah, ditumis. Terus masukin bumbu ikan bakar, terus masukin ikan tenggiri yang udah digoreng setengah mateng. Terus kasih santen sedikit aja, terus kasih air secukupnya. Jangan lupa tambahin daun salam dan peresan jeruk nipis. Tunggu sampe 15 menit, jadi deh!

Begitulah. Nanti malem gue coba bikin tempe bakar lagi. Mudah-mudahan jauh lebih baik dari yang kemarin. Amiiinnnn!

Cheers!

No comments:

Post a Comment