Tuesday, March 30, 2010

Cap Cay Goreng Kurnia + Tuna Bakar

















Tadi siang gue kunjungan ke salah satu toko milik perusahaan tempat gue kerja di Grand Mal Bekasi, sama dua rekan kerja gue dari divisi Lost Prevention. Niatnya tadinya cuma mau ngirim berkas laporan pajak (soalnya besok batas terakhir) sama ngecek pameran di lobinya. Terus kita makan siang di restoran kecil. Gue makan Mi Yamin, mereka makan cap cay. Tiba-tiba jadi keingetan jaman gue masih kecil suka diajak makan di restoran Kurnia di Pasar Kosambi Bandung sama nyokap gue. Gue juga inget makanan favorit gue waktu itu adalah Cap Cay Goreng (dulu waktu tahun 80 - 90an aja harganya udah 7000 seporsi, bisa dibayangin seenak apa tuh).

Ciri khas Cap Cay Goreng dari restoran Kurnia (sekarang gak tahu deh apa restorannya masih ada apa engga) ini adalah warnanya yang kecoklatan, soalnya di dalemnya ada ati ayam. Terus teksturnya kering, gak basah seperti Cap Cay Goreng yang selama ini gue temuin di Jakarta. Pokoknya sejak Kurnia, gue belum pernah ngeliat ada Cap Cay yang kaya gitu lagi. Akhirnya gue terinspirasi pengen nyoba bikin, walaupun gue gak pernah tahu gimana caranya. Tapi gue nekat aja, terus pas sebelum pulang, gue belanja dulu deh di supermarket deket kantor gue.

Cara masaknya:
  1. Gue tumis bawang putih di atas minyak sedikit.
  2. Gue masukin ati sama sosis yang udah dipotong-potong, terus gue tumis sampe agak kering dan mateng.
  3. Setelah 4 menit, gue masukin potongan wortel, bunga kol, dan jagung muda (sebelumnya ketiganya gue blanch dulu selama 2,5 menit di air mendidih).
  4. Setelah itu, gue masuking potongan sawi dan caisim.
  5. Terus gue masukin deh penyedap rasa ayam, merica secukupnya, saus tiram sedikit aja, sama cabe merah bubuk sedikit juga.
  6. Gue aduk-aduk sampe 5 menit, terus angkat dan hidangkan.

Untuk Tuna Bakarnya, gampang. Gue rendem dulu tuna pake bumbu panggang yang udah dicampur kecap manis sama saus tiram sedikit. Setelah 10 menit, gue goreng deh di wajan teflon pake minyak sedikiiiiit aja. Gue cuma bolak-balik 4 kali doang, dan setiap gue diemin, gue ambil waktu 5 menit. Setelah itu angkat deh, dan Tuna kelihatan kaya dibakar gitu, deh!

Nasinya? Teteuuuupp, Nasi Merah!!!!!

Cheers.

No comments:

Post a Comment