Tuesday, April 6, 2010

Tuna Saus Dabu-Dabu

















Akhirnya, gue bisa post lagi di blog ini. Soalnya beberapa hari ke belakang gue masaknya masakan yang udah terlalu umum dan kurang ada seninya, misalnya kakap goreng gak pake bumbu apa-apa.

Nah, hari ini gue ada ide pengen bikin bumbu dabu-dabu, terus gue beli ikan tuna tadi di supermarket deket kantor. Jadilah gue bikin Tuna Saus Dabu-Dabu. Begini nih cara bikinnya.

Bahan-Bahan:
400 gr Ikan Tuna yang fillet, dipotong jadi 8 bagian tipis-tipis.
Taburi tuna dengan garam dan merica secukupnya, terus simpen di kulkas selama 10 menit.

Dabu-Dabu:
3 siung France Shallot (Bawang Merah Paris). Potong kecil-kecil.
2 siung Bawang Putih. Potong kecil-kecil.
10 buah cabe rawit ijo. Potong kecil-kecil.
1 buah tomat. Potong kecil-kecil.
perasan 1 Jeruk Nipis

Cara Masak:
  1. Dabu-Dabu. Semua potongan disatuin, terus ditumis sebentar. Kasih perasan jeruk nipis selagi dimasak.
  2. Ikan Tuna. Goreng pake minyak sedikit sampe warnanya kecoklatan, kira-kira 7 menit.
  3. Susun Ikan Tuna yang udah digoreng, terus taburin Saus Dabu-Dabu.
  4. Jadi, deh.

Rasanya enak banget. Apalagi selain itu gue juga bikin Kangkung Cah Terasi tapi pake tofu yang dipotong kecil-kecil. Untuk bikin kangkung ini, caranya cuma tumis bawang putih dan terasi yang udah dihancurin, terus kasih tofu yang udah dihancurin juga, terus masukin deh kangkungnya. Masak selama 7 menit. Jadi juga, deh.

Plus, gue juga biking Karedok Leunca lagi. Soalnya gue lagi demen sama makanan ini. Katanya sih bagus buat kejantanan, hehehe. Makanya gue jadi rajin :)

Dan nasinya? Teteup juga, Nasi Merah.

Cheers.

No comments:

Post a Comment