Thursday, March 18, 2010

Tempe Bakar Versi 2 + Ikan Gurame Goreng Bumbu Panggang

















Waduh, malam ini gue buru-buru banget masaknya. Pertama, karena ibu yang bantuin beres-beres rumah sedang pulang kampung jenguk ibunya yang sakit. Udah 4 hari gak dateng. Jadi, pas gue pulang, dapur berantakan banget. Dan gue agak bete. Tadinya pengen masak 3 menu: Sayur Sop, Gurame Goreng, plus Tempe Bakar Versi 2. Tapi karena gue gak mau terlalu lama di dapur yang berantakan, akhirnya gue gak masak sopnya.

Tadi gue udah beli bumbu ikan panggang. Gue langsung olesin ke gurame fillet di atas piring. Terus langsung gue masuking microwave selama 15 menit dengan medium heat. Tadinya kan ni ikan mau gue goreng, tapi lagi-lagi guenya udah keburu males, jadi deh gue microwave aja.

Sambil nunggu, gue potong-potong tempe. Terus gue tumis 2 siung bawang putih di atas minyak sedikit. Terus gue masukin bumbu ikan panggang, terus gue aduk-aduk sebentar. Terus gue masukin tempenya, plus kecap manis agak banyak supaya warnanya jadi item. Tambah garem dan merica sedikit. Terus gue aduk-aduk. karena agak terlalu lengket, kadang-kadang gue kasih air setengah gelas untuk setiap sisi tempe yang dimasak selama 3 menit. Jadi, setiap dibalikin, gue tambah air lagi setengah gelas. Kira-kira tiga kali gue ulangi proses itu. Akhirnya, ikan dan tempe matengnya barengan.

Sementara nasi merah emang udah dimasakin sama temen serumah gue dari tadi. Jadilah kita makan kering-keringan gitu. Eh, pas ikannya dicobain, ternyata kita kurang selera. Akhirnya ikannya gue goreng sampe agak kering. Hasilnya? Enak banget! Tempenya juga enak banget. Dan sekarang dapur gue semakin berantakan. Gak tau deh besok mau gimana. Mudah-mudahan ibu udah dateng besok. Tapi, gak ngaruh juga sih. Besok pulang kerja gue gak akan masak, soalnya harus bantuin temen gue ngajar di Puncak seharian dari Sabtu pagi sampe Sabtu malem. Makanya gue harus dateng besok malem untuk siap-siap materinya. Jadi, gue bakal masak lagi kalau gak Sabtu malem, ya Minggu pagi. We'll see, ok?

Cheers!

No comments:

Post a Comment